workshop Faishal

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Salah satu teknologi yang sudah diciptakan adalah Microsoft HoloLens dengan fungsi utama HoloLens adalah memproyeksikan game 3D ke dunia nyata.

“Hubungan dengan Teknik Industri (TI) memang tidak banyak, akan tetapi dalam pengembangan produk dapat memanfaatkan seperti dalam bidang otomotif, dalam mendesain mobil menggunakan AR sehingga dapat dengan mudah untuk merubah desain”, ungkap Muhammad Faishal, S.T., M.Eng ketika ditemui pada Kamis (07/08/2017).

Asia Simulation Conference (AsiaSim) merupakan penyelenggara dari kegiatan workshop tersebut yang bekerjasama dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Kegiatan workshop yang diadakan pada Senin, 28 Agustus 2017 dan Selasa, 29 Agustus 2017 diadakan presentasi mengenai paper yang terkait dengan dihadiri peserta dari berbagai negara yang berlokasi di Hotel Holiday Inn, Malaka, Malaysia.

“Workshop memang tidak ada kaitannya secara ilmu Teknik Industri (TI) namun kebetulan ada paper disana yang ingin di-publish sehingga bisa menghadiri kegiatan tersebut. Beberapa materi yang berkaitan dengan TI salah satunya tentang simulasi dan desain produk yang mengarahnya ke media visual sehingga dapat mengetahui perkembangan teknologi sekarang itu seperti apa, misalnya dapat berbicara dengan seseorang yang sama dalam bentuk real padahal tidak ada seseorang”, tungkas dosen kelahiran Pati. (sch).

Reporter: Siti Choerunnisa I.

Editor: Amalia Y. Astuti