Tips ujian ulang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa agar mendapatkan nilai maksimal dari nilai ujian yang sebelumnya. Ujian ulang juga penting untuk memperbaiki nilai karena apabila mendapatkan nilai maksimal mahasiswa tidak perlu mengulangnya dalam satu semester, sehingga dapat mempermudah mahasiswa dalam menempuh kuliahnya.

“Beberapa tips ujian ulang yaitu mengecek nilai perolehan untuk melihat kemungkinan nilai berubah, menghubungi dosen pengampu terkait kisi-kisi ujian ulang, meminta restu orang tua, dan berdoa.”, terang Annie Purwani selaku kaprodi Teknik Industri saat dihubungi melalui media sosial, Selasa (24/01/2017).

Ujian ulang akan dilaksanakan pada tanggal 02 – 08 Februari 2017, dengan pengambilan kartu ujian tanggal 1 Februari 2017 dari pukul 08.00 – 11.30 wib dan 13.00 – 14.00 wib di loket TU Fakultas Teknologi Industri. Syarat pengambilan kartu ujian yaitu menunjukan kuitansi pembayaran ujian ulang gasal 2016/2017, kartu ujian akhir semester gasal, dan menunjukan kartu mahasiswa semester gasal.

Annie Purwani menjelaskan bahwa kesalahan yang terjadi hingga menyebabkan ujian ulang yaitu karena mahasiswa tidak melakukan perencanaan awal dan segala sesuatunya dibiarkan seperti air mengalir, sementara kita sebagai seorang Teknik Industri harus selalu bisa melakukan rekayasa yang memberikan nilai tambah. Perencanaan awal dengan matang akan mendapatkan hasil yang memuaskan karena hasil tidak akan pernah mengingkari prosesnya dan jangan berpikir untuk ujian ulang.

Agar kita dapat terhindar dari ujian ulang berikut adalah tips Annie Purwani: Mahasiswa sebaiknya membuat target di awal semester, membuat desain rencana untuk setiap mata kuliah yang diambil, mengimplementasikan rencana dengan performansi yang paling baik, mengevaluasi setidaknya dua kali (saat akan ujian akhir semester atau ujian tengah semester) terhadap target capaian yang diharapkan agar dengan tepat dan cepat membuat aktivitas antisipasi dan lakukan continuous improvement. Semoga bermanfaat. (SCI)

Penulis: Siti Choerunnisa I.