Dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa untuk bersaing dalam pasar kerja yang semakin kompetitif, Program Studi Teknik Industri Universitas Ahmad Dahlan kembali berpartisipasi dalam sebuah program student exchange yang bertajuk Southeast Asia-Technical and Vocational Education and Training (SEA-TVET). Program ini merupakan program pertukaran mahasiswa yang berada di negara – negara ASEAN untuk belajar melakukan internship bersama institusi yang ada di negara lain. Program ini dilaksanakan oleh SEAMEO (South East Asia Minister of Education Organization) yang merupakan lembaga kementrian pendidikan di ASEAN dan berlangsung pada bulan Agustus hingga September.

Setelah Prodi Teknik Industri berhasil mengirimkan kedua kandidatnya yang bernama Syukron Anas (angkatan 2015) dan Citra Engla Vasella (angkatan 2016) ke Filipina untuk menimba ilmu dan pengalaman internship selama satu bulan penuh pada 17 Agustus – 15 September 2019 lalu, kini saatnya Prodi Teknik Industri berkesempatan menyambut mahasiswa Filipina yang bertandang ke UAD dalam program pertukaran pelajar ini.

Pada hari Senin tanggal 23 September 2019 sekitar pukul sepuluh pagi, acara penyambutan mahasiswa exchange yang digelar di ruang Prodi Teknik Industri berlangsung dengan hangat. Kaprodi Utaminingsih Linarti, S.T.,M.T. dan Sekprodi Farid Ma’ruf, S.T., M.Eng. serta para dosen dan staf prodi Teknik Industri menyambut kedatangan mahasiswa Filipina yang bernama Karlo Marzan.

Pada acara tersebut, Karlo yang ditemani oleh kedua buddies-nya yaitu Syukron Anas (angkatan 2015) dan Danov Setiantoro (angkatan 2015) berkesempatan untuk memperkenalkan dirinya dan bercerita singkat tentang negara asalnya. Ia bercerita bahwa dirinya berasal dari Don Mariano Marcos Memorial State University Filipina dan kini berkesempatan untuk melaksanakan program internship di PT. Stechoq Robotika Indonesia di Godean. Keluarga besar Teknik Industri sangat antusias menanggapi Karlo yang berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Karlo juga menerima beberapa arahan dari Bapak Hapsoro Agung Jatmiko, S.T., M. Sc. selaku dosen pembimbingnya selama berada di Indonesia mengenai hal-hal apa saja yang harus ia persiapkan dan lakukan selama program internship berlangsung. Acara welcoming ceremony ini berlangsung dengan hangat selama kurang lebih 3 jam dan diakhiri dengan makan siang bersama.

Keesokan  paginya, yaitu pada hari Selasa 24 September 2015, Karlo ditemani dosen pembimbingnya (Hapsoro Agung Jatmiko, S.T., M. Sc.) mengunjungi PT. Stechoq Robotika Indonesia untuk pertama kalinya. Sambutan hangat juga diterimanya di perusahaan yang beralamat di Jalan Belimbing A-17 Perum. Sidoarum Blok II, Godean, Sleman, Yogyakarta tersebut. Rencananya, Karlo akan menjalani program internship mulai pada hari itu hingga tanggal 18 Oktober 2019. Semua pihak berharap bahwa program internship ini bisa berjalan lancar serta Karlo dapat menjalaninya dengan baik dan menyenangkan.