Sabtu siang 12 Oktober 2019 sekira pukul 13.30 rombongan Kelompok Studi Bahasa Inggris Program Studi Teknik Industri bersiap berangkat menuju ke Obyek Wisata Candi Borobudur. Cuaca panas tak menghalangi mereka untuk bertandang ke tempat tersebut demi menunaikan tujuan mulia, yaitu menimba ilmu. Sekumpulan mahasiswa dari berbagai macam angkatan ini membuktikan bahwa proses belajar tidaklah terbatas di dalam ruang kelas melainkan bisa kita lakukan dimana saja dan kapan saja.

Syukran Anas, selaku ketua Kelompok Studi Bahasa Inggris Prodi Teknik Industri, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu dari sekian banyak program kegiatan yang ia dan kawan-kawannya gagas demi mendalami Bahasa Inggris. Mereka meyakini bahwa Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang wajib dikuasai oleh generasi muda yang ingin berkembang di era global ini. Hal ini telah dibuktikan sendiri oleh Anas yang telah berhasil mengunjungi 6 negara berbeda selama berkuliah di UAD berkat kemampuannya berbahasa Inggris. Semangat inilah yang ingin ia tularkan pada teman-teman seangkatan dan adik-adik angkatannya.

Setibanya di Candi Borobudur, Anas memberikan pengarahan singkat mengenai kegiatan apa yang akan mereka lakukan. Mereka dikerahkan untuk mengelilingi area wisata Candi Borobudur dan menemui setidaknya 2 orang wisatawan mancanegara yang berbahasa Inggris. Para peserta diwajibkan berbahasa Inggris tidak hanya ketika berbicara dengan wisatawan, namun juga saat berbincang dengan siapapun selama berada di area wisata Borobudur.

Kegiatan ini semakin menarik karena Karlo Marzan, mahasiswa asal Filipina yang mengikuti program pertukaran pelajar di UAD turut berpartisipasi menyemangati para peserta. Mahasiswa asal Don Mariano Marcos Memorial State University tersebut merasa sangat senang dapat berwisata bersama teman-teman barunya di Indonesia. Ia merasa senang memiliki banyak pengalaman baru dan menyenangkan bersama para anggota Kelompok Studi Bahasa Inggris.

Acara tourist hunting ini berlangsung selama satu jam. Usai puas berbincang-bincang dengan wisatawan, tak lupa mereka mengambil beberapa foto sebagai kenang-kenangan. Kegiatan pada hari tersebut ditutup dengan makan bersama di warung tak jauh dari area wisata Borobudur.