Ergo camp 2017_1

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ikut berpartisipasi dalam kegiatan Ergonomic Students Summer Camp (Ergo Camp) 2017. Perwakilan mahasiswa di antaranya Akhmad Wido P., Ias Dwi K. M., Siti Choerunnisa Izzatullah, dan Reka Andriani P. Minggu, (27/08/2017).

Ergo Camp merupakan sebuah wadah untuk mempertemukan mahasiswa Teknik Industri dan Manajemen Rekayasa Industri di Indonesia untuk berbagi mengenai keilmuan ergonomi. Ergo Camp kali ini mengangkat tema “Human Computer Interaction: Cognition & Usability” yang dilaksanakan pada Sabtu – Minggu, 26-27 Agustus 2017 berlokasi di Wisma Gambung Bandung.

Setiap tahunnya, Ergo Camp dilaksanakan dengan tempat yang berbeda. Ergo Camp 2017 diadakan di Institut Teknologi Bandung (ITB) di mana panitianya dari mahasiswa teknik industri ITB dan dihadiri 73 peserta dari 30 universitas di Indonesia (Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponogoro, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Brawijaya, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Islam Negeri Suska Riau dan Universitas lainnya). Selain peserta dari berbagai Universitas, turut hadir ketua dan sekretaris Persatuan Ergonomi Indonesia (PEI) dan Dosen Teknik Industri ITB dan jajarannya.

Kegiatan Ergo Camp diisi dengan Sharing Session oleh pemateri pertama Ari Widyanti, Ph.D., Membahas mengenai teori human computer interaction dan usability. Menyampaikan juga konsep user interface, user experience, usability, dan pentingnya mendalami human computer interaction dan usability dalam keilmuan ergonomi. Pemateri kedua Jaka Wiradisuria membahas mengenai penerapan user interface, user experience dan usability pada web atau aplikasi. Diskusi antar mahasiswa membahas riset mengenai kegiatan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa. Lalu mahasiswa akan mendiskusikan kegiatan laboratorium berupa praktikum, pelatihan, maupun kegiatan sosial, serta software yang digunakan dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Api unggun menutup malam pada hari Sabtu, setelah diadakannya game setelah kegiatan sharing session yang ke dua.

“Acara tersebut dapat membuka wawasan saya mengenai praktikum ergonomi dan juga ilmu terapan dari ergonomi di setiap universitas yang berbeda-beda. Nantinya akan menjadi evaluasi dan perbaikan bagi praktikum maupun ilmu ergonomi di UAD. Harapannya untuk acara ergonomic students summer camp tersebut agar dapat dikembangkan jaringan antar universitas se-Indonesia agar ilmu ergonomi dapat dipelajari hingga pelosok Negeri”, ungkap Akhmad Wido P.

Ergo camp 2017_2

Menambah jaringan dengan mahasiswa lain dengan bidang yang sama yaitu ergonomi merupakan salah satu manfaat yang didapat dari kegiatan ini. Karena dapat dijalin kerja sama antar universitas dalam penggunaan fasilitas laboratorium, penelitian bersama atau kegiatan lainnya. Ghassani Shabrina mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menyampaikan, “Terima kasih untuk sharing-nya dan kalau ada yang ingin ke Jakarta atau main-main ke UI silahkan karena kami terbuka banget untuk kunjungan, penelitian bersama dan kalau ingin meminjam alat atau penelitian di sini juga bisa.” (sch).

Reporter: Siti Choerunnisa I.

Editor: Amalia Y. Astuti