Training QA

Fungsi dari Quality Control (QC) yaitu memastikan bahwa produk yang akan dikirimkan ke pelanggan bebas dari cacat dan dapat diterima sesuai dengan persyaratan kualitas yang ditentukan sedangkan Quality Assurance (QA) menjamin kualitas produk yang dihasilkan dan memastikan proses pembuatan produk tersebut sesuai dengan standar dan persyaratan yang telah ditentukan. “QC fokus pada pemenuhan persyaratan kualitas, kalau QA fokus pada pada pemberian keyakinan bahwa persyaratan kualitas akan dipenuhi,” papar Wandhansari Sekar Jatiningrum, S.T., M.Sc. Senin, (28/08/2017).

Training QA dan QC dihadiri oleh dosen dari Teknik Industri Universitas Ahmad Dahlan yaitu Reni Dwi Astuti, S.T.P., M.T., Wandhansari Sekar Jatiningrum, S.T., M.Sc. dan Muhammad Faishal, S.T., M.Eng. dengan instruktur Ratih Setyaningrum, S.T., M.T. dosen dari Universitas Dian Nuswantoro Semarang yang sekarang sedang menempuh Strata 3 (S3) di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Training QC dan QA dilaksanakan pada Rabu – Kamis, 23 – 24 Agustus 2017 berlokasi di Jogjakarta Plaza Hotel dengan materi yang disampaikan seperti quality management, quality assurance, quality control dan cost of quality.

Diskusi dan sharing mengenai kasus dalam perusahaan dan penelitian di kampus merupakan acara selingan dari training karena berkaitan dengan mata kuliah Perencanaan dan Pengendalian Mutu maka hasil diskusi dan sharing tentang quality dapat ke arah tema riset tugas akhir (TA). “Kegiatan seperti ini bagus karena sebagai sarana diskusi dan sharing mengenai permasalahan quality yang banyak terjadi saat ini, terutama di perusahaan manufaktur, juga untuk menyelaraskan antara teori-teori mengenai kualitas dengan aplikasi yang ada di lapangan,” tungkas Wandhansari. “Harapannya dari workshop yang sudah diikuti ini bisa menambah kompetensi dosen mengenai hal yang berkaitan QC, QA, dan update mengenai kasus quality yang sekarang terjadi di perusahaan, serta mengetahui peluang riset yang berkaitan dengan quality di perusahaan manufaktur,” lanjut Wandhansari dosen lulusan UGM. (sch)

Reporter: Siti Choerunnisa I.

Editor: Amalia Yuli A.